Candi Arjuna

candi arjunaCandi Arjuna dan candi-candi lain terletak di Dieng Batur, Banjarnegara. Candi Hindu ini dibuat sebelum candi Borobudur mau pun Mendut. Candi yang diberi nama wayang ini, ada Candi Arjuna, Bima, Nakula, Sadewa indah dan lebih menarik lagi karena dikelilingi pemandangan yang luar biasa. Letaknya yang tinggi disebut dataran tinggi Dieng atau Dieng Plateau membuat udara menjadi sejuk bahkan dingin.


Kelompok Candi ini terdiri dari lima candi tersusun dua deret, deret sebelah timur terdiri dari empat bangunan candi yang semuanya menghadap ke barat yaitu Candi Arjuna, Candi Srikandi,Candi Puntadewa dan Candi Sembadra. Deret sebelah barat menghadap ke timur yaitu Candi Semar. Candi Arjuna diperkirakan dibangun pada tahun 809 M masing-masing memiliki ciri khas dan keindahan tersendiri. Pada Candi-candi ini digambarkan Dewa-dewa pendamping utama Agama Hindu yaitu Brahma, Siwa dan Wisnu.




Komplek candi ini terawat, bersih dengan tanaman bunga dan pohon pinus yang tertata. Di atas komplek candi ada Museum Kaylasa. Museum Kaylasa berisi benda-benda bernilai sejarah Termasuk arca-arca kuno.

Ada pula tambahan fasilitas baru Gedung Teater Dieng di komplek Museum Kaylasa. Letak Gedung Teater ini tinggi di atas bukit. Dengan dikelilingi taman yang indah dengan bunga-bunga bermekaran.

Candi Dieng bisa diakses melalui Wonosobo-Garung-Kejajar-Tieng-Dieng atau Banjarnegara-Karangkobar-Wanayasa-Pejawaran- Batur-Dieng.

Pemandangan di sepanjang perjalanan itu indah melenakan. Pegunungan, bukit, sungai yang bening airnya, ladang-ladang kentang mau pun sayur-sayuran.

Silakan berwisata ke Candi Dieng maupun tempat wisata lain yang ada di sekitarnya. Telaga Warna, Telaga Merdada, Sumur Jalatunda, Kawah Sikidang, Kawah Candradimuka.
Posting Komentar

Entri Populer