Candi Brongkah

Candi BrongkahCandi Brongkah. Peninggalan purbakala di daerah Kabupaten Trenggalek mungkin tidak begitu banyak, atau banyak tapi saya tidak tahu, mungkin juga banyak tapi masih terpendam hehehe. Diantara yang sedikit tersebut saya berkesempatan untuk mengunjungi salah satunya, yaitu Candi Brongkah.


 Candi ini terletak cukup dekat dengan jalan utama Kabupaten Trenggalek dari arah Tulung Agung tepatnya berada di Dusun Brongkah, Desa Kedung Lurah, Kecamatan Pogalan


Dari pertigaan menuju kawasan wisata pantai Prigi anda lurus saja, kurang lebih 1 km kita akan mendapatkan papan penunjuk menuju Candi Brongkah, jalan masuk ke utara sejauh 300 m tidak beraspal dan merupakan perkampungan. 


 
Candi Brongkah
Candi Brongkah

Tampak dari kejauhan Candi Brongkah dilindungi oleh atap seng yang sudah berkarat, ditopang oleh beberapa tiang kayu bercat hijau dan berpagar keliling.

Bentuk candinya memang tidak terlihat apabila kita mengamatinya dari jauh, karena memang yang tersisa dari candi ini adalah bangunan dasarnya saja (pondasi) dan itu terletak beberapa meter di dalam tanah, tidak jelas bagaimana struktur bangunan Candi Brongkah yang utuh. 


Posting Komentar

Entri Populer