Candi Kedaton, Muara jambi, sumatera

candi kedaton jambiCandi Kedaton secara astronomi terletak 103° 38; 55,6” BT dan 01° 28’ 32,8” LS. Keberadaan Candi Kedaton diketahui pada tahun 1976, setelah diadakan kegiatan survey kepurbakalaan di lingkungan Muara Jambi oleh Ditlinbinjarah. Kegiatan ini berhasil melakukan kegiatan penggambaran dan sementara hasil survey tersebut.


Kompleks Candi Kedaton memiliki keistimewaan luas tanah yang terluas dibandingkan yang lain yaitu, 55850 m2 dan pada bangunan induk memiliki bangunan induk memiliki bangunan terluas 26 m x 26 m serta pada bangunan induk terisi krilik-krilik berwarna putih yang diambil dari sungai Batanghari. Bangunan induk ini dibedakan secara horizontal menjadi beberapa bagian antara lain, ruang utama, penampilan dan tangga masuk. Ruangan utama ini berukuran 26 x 26 m dengan tinggi 6,8 m dari batas pondasi.


Ruangan utama ini terdiri atas 2 bagian yaitu bangian tengah yang berisi kerakal putih dan bagian dinding yang terdiri dari susunan bata dengan lebar 5 meter sekelilingnya. Bagian dinding ini di bagian bawah berukuran lebih kecil lagi yaitu menjadi 2,5 meter dan terisi penuh oleh kerakal putih tersebut hingga bagiam dasar. posisi bagian dasar dari ruang utama ini diakhiri dengan susunan lantai bata, pada bagian paling atas tersisa sebuah bekas panil/bingkai yang tampak disisi barat. Sisi timur panil ini menyisakan hanya 1 baris bata, sedangkan sisa selatan juga menghasilkan satu baris bata pembentuk panil.


candi kedaton jambiPenampilan bangunan berdenah persegi panjang dengan ukuran panjang 6,75 meter dan lebar 8 meter sedangkan tebal dinding penampil berukuran 1,5 meter. Bangunan penampil ini dindingnya lebih rendah dari lantai bagian tangga, sehingga membentuk ruang kosong dibawah tanah. Dahulunya di ruang ini terisi oleh kerakal putih sama seperti diruangan utama. Di depan penampil dilanjutkan dengan sebuah bangunan tangga masuk ini memiliki lebar anak tangga 2 meter dan dinding pipi tangga dengan lebar 1,5 meter. Pada bagian pipi tangga ini tampak hiasan berbentuk lengkungan yang hilang di bagian atasnya.


Selain candi induk. Candi Kedaton memiliki bagian candi perwara. Candi perwara yang baru diketahui pengupasan adalah yang ada tepat di bagian utara dan selatannya. Candi perwara ini berukuran 15 x 13,60 meter dengan penampilan di bagian utara dan selatannya.

Candi perwara lainnya belum diketemukan, namun berdasarkan jumlah gundukan tanah yang tampak di situs Kedaton, kemungkinan jumlah perwara ini lebih dari satu. Candi kedaton memiliki pagar keliling berukuran 250 x 250 meter dan sebuah gapura besar di sebelah utara. Selain pagar keliling. Candi kedaton ini memiliki juga beberapa pagar kecil yang berfungsi sebagai pembagi ruang di bagian dalam.


Temuan yang berawal dari candi kedaton antara lain umpak batu, dan sebuah belangga perunggu besar yang ditemukan tidak jauh dari sekitar candi ini. Lokasi candi berada di perbatasan Desa Muara Jambi, di sebelah timur Candi Kedaton terdapat Kolam Sangkar Ikan dan menapo Pemandian Ayam, di sebelah barat menapo Yahuda da


Menapo Saring, sedangkan di bagian utara adalah kebun.
Posting Komentar

Entri Populer