Candi sari

Candi sari. Tepat di dekat masjid An-Nurumi tersebut terdapat sebuah jalan yang apabila ditelusuri sekitar 100 meter akan dijumpai sebuah bangunan candi yang bernama Candi Sari. Secara administratif candi ini berada di Desa Bendan, Tirtomartani, Kec. Kalasan, Kab. Sleman, Yogyakarta.


Untuk masuk ke Candi Sari, pengunjung dikenakan biaya retribusi sebesar Rp.500 per orang. Menurut kertas yang dipajang di papan informasi, candi ini bukan merupakan tempat peribadatan melainkan sebuah asrama bagi para pendeta agama Buddha. Karenanya bangunan candi ini menghadap ke arah barat. Para ahli arkeologi belum mengetahui secara pasti tahun pendirian Candi Sari, namun diyakini bahwa Candi Sari didirikan pada tahun yang sama seperti pendirian Candi Kalasan.

Candi ini hanya memiliki tiga ruangan dan dari dalam candi memang terkesan bahwa bangunan ini dahulunya merupakan tempat tinggal. Di setiap ruangan terdapat relung-relung pada dinding yang berfungsi sebagai tempat meyangga kayu dan tangga.

Dengan demikian diyakini bangunan ini dahulunya memiliki dua lantai. Selain itu terdapat jendela-jendela dan saluran air layaknya tempat tinggal pada umumnya. Satu yang menjadi ciri unik Candi Sari adalah pada relief kinarra-kinarri yang digambarkan seperti malaikat bersayap pada agama Katolik.
Posting Komentar

Entri Populer