Candi Tinggi 2, Muara jambi

Candi Tinggi 2Candi ini terletak di sebelah selatan Candi Tinggi. Mempunyai pagar keliling ukuran 54 x 38,5 meter dan sebuah gapura di bagin timur ukuran 10 x 7,5 meter. Candi Induk terletak dibagian halaman tengah sebelah utara hanya tidak tepat searah gapura, tapi bergeser kesebelah kiri. Arah hadap candi induk ini sesuai dengan posisi penampilannya yang menghadap timur.

Candi induk ini mempunyai selasar di bagian timur, sehingga terlihar seperti mempunyai 2 undukan menuju bagian atas Candi. Candi induk ini juga terlihat mempunyai 2 masa bangunan, hal ini tampak pada saat dilakukan pembongkaran susunan bagian luar bangunan yang memperlihatkan adanya susunan bata lain yang rapi di bagian dalam. Terlihat bahwa susunan bata lain yang rapi dibagian dalam. Terlihat bahwa susunan bata bangunan luar saat ini merupakan susunan bata tambahan setelah susunan dalam.


Di depan Candi induk ini berdiri sebuah Candi Perwara berukuran 9 x 9 meter dengan struktur bata hanya disekelilingnya saja, bagian tengah berisi tahan. Pada bagian tengah di sisi timur dan barat Candi Perwara terdapat susunan bata yang menjorok keluar dengan ukuran 2,5 x 0,5 meter.


Perwara lain yang belum dapat di rekonstruksi terdapat di sebelah barat Candi Induk. Sekurangnya terdapat 3 buah bangunan yang masih berdiri di tempat ini dengan kondisi sudah rusak walau profilnya sebagian masih dapat terlihat. Kerusakan bangunan ini dikarenakan pernah tumbuh pohon besar disekitarnya.


Antara Candi Induk dan Candi Perwara di bagian barat sekeliling tanah tersebut dipasangi dengan susunan lantai bata. Susunan lantai bata ini ada yang berupa susunan bata utuh dan ada juga yang terdiri atas susunan bata pecahan.
Posting Komentar

Entri Populer