Situs Goa Sentono

situs gua sentono ialah sebuah situs yang dibuat dengan memahat sebuah batu yang menjadi semacam gua buatan. kemungkinan bangunan ini berasal dari jaman mataram kuno. di gua ini terdapat 3 ceruk.





ceruk pertama berisi lingga yoni dan di dindingnya berisi dewa-dewa umat hindu anrtara lain ialah durga dan agastya. di ceruk kedua. berisi lingga yoni dan 3 buah arca yang kurang jelas arca siapa tersebut. dan di ceruk terakhir seperti sebuah lubang yang ku yakini ini berupa lubang pembakaran/ peribadatan yang bentuknya mirip dengan yang ada di candi ijo.



situs ini berada di dusun candi abang, jogotirto, berbah, sleman. tepatnya berada di jalur menuju bukit candi abang. dan apabila anda ingin ke situs ini di harapkan menuju jalur jalan prambanan-piungan dan lihat plang hijau menuju candi abang. patohannya ialah bukit candi abang itu, sebab situs ini berada di kaki bukit.



NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman..



Secara administratif Situs Goa Sentono berlokasi di Desa Jogotirto, Kecamatan Berbah, Sleman. Lokasinya berada di kaki bukit dan berdekatan dengan Candi Abang. Situs Goa Sentono adalah goa buatan yang di pahat pada sebuah batu, sehingga lebih tepat jika disebut sebagai ceruk.



Pada Situs Goa Sentono terdapat dua buah ceruk. Pada dinding dan lantai ceruk sebelah kanan didapati sebuah cekungan. Diduga cekungan tersebut merupakan tempat untuk meletakkan arca. Pada dinding Ceruk sebelah kiri terdapat dua pahatan tokoh yang belum di ketahuai identitasnya, dan sebuah pahatan menyerupai sepasang lingga yoni.


Di antara kedua ceruk tersebut terdapat pahatan Trimurti yang di hadapanya terpahat sepasang lingga yoni.
Dengan adanya pahatan Trimurti dan pahatan berbentuk sepasang lingga yoni, telah menunjukkan bahwa latar belakang keagamaan Situs Goa Sentono adalah Hindu. Situs yang serupa dengan Situs Goa Sentono juga di temukan di Jawa Timur, yaitu Situs Goa Selomangleng di Kediri dan Goa Selomangleng di Tulungagung. Situs-situs tersebut benar-benar mirip dengan situs Goa Sentono.

Namun hal ini tidak begitu mengherankan, sebab sekitar abad ke 10 pusat pemerintahan Kerajaan Mataram kuno berpindah dari Jawa Tengah ke Jawa Timur.
Posting Komentar

Entri Populer