Kemegahan 5 Candi di India

CANDI dikenal sebagai bangunan keagamaan tempat beribadah umat Hindu dan Buddha. Bangunan-bangunan itu digunakan sebagai tempat pemujaan dewa-dewi atau memuliakan Buddha. Candi banyak tersebar di Nusantara. Namun, cand-candi juga dapat ditemukan di Kamboja, Myanmar, Thailand, Laos, Vietnam, Sri Lanka, Nepal, dan India.

Bila Anda tengah berada di India, sempatkan diri untuk melihat candi-candi populer di Negeri Bombay tersebut sebagai berikut:

1. Candi Konark Sun

Kemegahan Kuil Konark Sun merupakan keajaiban paling menonjol di wilayah Orissa. Candi yang dibangun pada 1250 itu untuk mengabadikan gambar dari Sun, dewa pelindung tempat itu.

Candi indah itu merupakan sebuah monumen hidup masa lalu di Orissa. Bangunan itu dianggap sebagai puncak seni dan arsitektur di era Kalinga Kuno.

Candi di seluruh Konark dirancang dalam bentuk sebuah kereta besar yang ditarik oleh 7 kuda bersemangat dengan 12 pasang roda indah yang diukir.

2. Candi Thanjavur

Candi terletak di India selatan yang dulunya merupakan kota kerajaan dari Nayaks, Cholas, dan Mahrattas. Candi itu dikenal sebagai salah satu keajaiban arsitektur dunia.

Candi dianggap sebagai kerajinan yang sangat indah, perunggu, dan instrumen musik khas India selatan. Thanjavur juga terkenal dengan gaya seninya yang khas.

3. Candi Somnath

Candi Somnath di Gujarat merupakan tempat penghormatan besar di seluruh India. Candi itu dianggap salah satu yang pertama dari 12 Jyotirlingas Dewa Siwa.

4. Stupa Sanchi

Stupa Sanchi diakui sebagai daya tarik wisata yang memikat banyak turis mancanegara dari seluruh dunia. Sanchi adalah tempat untuk stupa dan pilar.

Tempat itu dikenal sebagai salah satu spesimen terbaik dari seni klasik awal. Pintu gerbangnya diukir halus dan terdapat gambar dari kehidupan Sang Buddha dan Raja Asoka. Foto yang diukir pada pilar dan Stupa akan membuat Anda termotivasi cerita dari kehidupan Sang Buddha.

5. Kuil Emas (Golden Temple)

Kuil Emas di Amritsar memiliki fitur unik. Tidak seperti candi-candi lain di mana para umat harus memanjat untuk menawarkan salam. Di sini para bhakta harus mengundurkan diri untuk menawarkan penghormatan mereka.

Arsitektur candi dianggap sebagai lambang ketangkasan dan kreativitas. Candi itu juga merupakan suatu harmoni yang unik antara Muslim dan Hindu.(Times of India/MI/RRN)
Posting Komentar

Entri Populer