Candi Gumpung

candi gumpungBangunan Candi Gumpung merupakan salah satu kawasan candi yang cukup luas dan besar yang ada di Kawasan Kompleks percandian Muara Jambi. Candi Gumpung ini memiliki halaman yang dibatasi dengan pagar keliling berbentuk bujur sangkar yang berukuran 150 meter X 155 meter, sedangkan bangunan induk yang ada di dalam pagar ini berukuran 17,9 meter X 17,3 meter dan menghadap ke arah timur.


Tata ruang Candi Gumpung ini terbagi atas beberapa ruang yang masing-masing berpagar bata dilengkapi pintu gerbang masuk. Kini, pagar-pagar dan pintu masuk hanya tersisa di bagian bawahnya dan selebihnya telah hilang. Pemugaran candi ini telah dilakukan pada tahun 1982, dan hanya berhasil mengembalikan struktur bangunan yang masih tersisa.


Di Candi Gumpung ini, ditemukan prasasti-prasasti emas berisi data-data mengenai asal-muasal candi ini. dalam prasasti tersebut disebutkan bahwa candi ini merupakan Candi Umat Budha yang dibangun pada pertengahan abad ke-9 hingga permulaan abad ke-10 masehi. Hal ini juga didukung dengan adanya temuan arca Prajnaparamitha serta artefak lain yang berhubungan dengan ajaran Budha.

Candi Gumpung merupakan candi terluar dan terdekat dari pintu masuk kawasan percandian Muara Jambi, dengan lapangan sekeliling candi yang luas sehingga digemari oleh para wisatawan.
Posting Komentar

Entri Populer