Candi Morangan

Candi MoranganCandi morangan merupakan salah satu candi Hindhu yang ditemukan sekitar tahun 1982. Candi ini ditemukan terkubur dalam tanah sedalam sekitar 6,5 m. Candi ini merupakan candi yang berada di wilayah utara dan sudah dekat dengan Gunung Merapi selain itu candi ini juga dekat sekali dengan sungai gendol yaitu 100 m disebelah barat. Candi morangan terdiri dari 2 bangunan yaitu sebuah candi induk dan sebuah candi perwara.


Candi Morangan
Rekonstruksi Candi induk

Candi Morangan
Antefiks candi induk

Candi perwara
Untuk candi induk sebagian bagian-bagian candi sudah digali dan dipindahkkan sementara ditanah diatasnya untuk direkonstruksi ulang sementara. Sedangkan untuk candi perwara masih berada dilokasi penemuan dan kondisinya rusak berat. Sebenarnya candi ini belum sepenuhnya digali dan dipugar, dikarenakan dana yang terbatas dari pemerintah.Pada kompleks candi Morangan ini juga ditemukan yoni yang cukup besar (saat ini masih berada dilokasi penemuan), tapi sayang cerat yoni ini patah.


Arca resi yang disimpan di pos penjagaan

Candi Morangan

Candi Morangan
Ditemukan juga patung resi serta sejumlah arca lain di dalam relung-relung candi. Candi induk menghadap ke barat,berbilik satu dan berdenah bujur sangkar berukuran 7,95 m x 7,95 m serta mempunyai selasar selebar 90 m.

Lokasi :
Dsn.Morangan, Ds.Sindumartani, Kec.Ngemplak, Kab.Sleman
http://tarabuwana.blogspot.com/2012/01/candi-morangan.html
Posting Komentar

Entri Populer