Candi Tinggi 1, Situs percandian Muara jambi

Candi Tinggi 1, Situs percandian Muara jambi. Candi Tinggi merupakan salah satu candi di kompleks Situs percandian Muara jambi yang pertama kali menyebut Candi Tinggi yaitu F.M. Schnitger dalam laporannya tahun 1937, meskipun ada kesalahan dalam penyebutan deskripsi dengan Candi Gumpung.


Luas kompleks Candi Tinggi 2,92 Ha dari 1 bangunan Induk, 5 bangunan perwara dan pagar keliling. Pagar keliling candi berukuran 90 x 74 meter. Bangunan Induknya telah dipagar berdenah bujursangkar, berukuran 16 x 16 meter dengan tingginya 7,6 m. penampil bangunan terletak di sisi selatan berukuran 5 x 7 meter dan memiliki anak tangga.

Candi ini memiliki 2 buah selasar yang masing-masing terletak pada bagian di atas kaki candi dan di atas tubuh candi. 2 buah susunan anak tangga masing-masing terhubung dengan selasar kaki candi dan selasar tubuh candi.

Kedua selasar ini berbentuk datar mengelilingi candi. Di selasar kaki candi tepar di kiri kanan depan tangga masuk terdapat susunan bata berbentuk persegi panjang ukuran 1 x 1 meter dengan tinggi 1 meter. Pada awalnya bangunan ini dibangun dalam 2 tahap strukutur bangunan yang lebih tua ditemukan masih tetap utuh di bagian dalam bagunan.


Sedangkan bangunan perwara berbentuk bujursangkar terletak menyebar di timur laut, barat, barat daya dan selatan dari bangunan induk. Keadaan sekarang ini bangunan perawara tersebut yang tersisa hanya bagian pondasi serta sedikit bagian kaki. Perwara di selatan candi induk berukuran 11 x 11 meter dengan bagian tengah terisi susunan bata, perwara di barat daya berukuran 7 x 7 meter dengan susunan bata hanya disekelilingi saja, bagian tengahnnya hanya tanah. Dua perwara berjajar kembar di sisi barat laut masing-masing berukuran 4 x 4 meter. Dan sebuah lagi berada di sudut timur laut berukuran 3,5 x 3,5 meter.


Gapura besar berdenah segi 20 berukuran 12 x 12 meter menuju kearah candi ini terletak ditengah pagar keliling sisi timur, namun di bagian barat pagar keliling juga terdapat gapura dengan ukuran yang lebih kecil. Candi Tinggi dibatasi bagian utara oleh Parit Johor dan kebun, bagian timur oleh halaman luar candi, bagian selatan oleh jalan setapak, dan bagian barat oleh halaman luar candi.
Posting Komentar

Entri Populer