Situs Payak


Situs Payak

Situs Payak berada di Dusun Payak, Desa Srimulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul., jogjakarta. di ruas Jl.Yogyakarta-Wonosari km 12. Tepatnya dari 200 meter sebelah barat Puskesmas Payak.
situs ini merupakan sebuah situs petirtaan sudah digunakan sejak abad ke9. situs ini berbentuk huruf U dengan bahan baku terbuat dari batu putih. di bagain badan petirtaan (kolam mata air) terdapat sebuah relung kosong yang pada jaman dahulu digunakan sebagai lokasi penempatan arca siwa.

Situs Payakpenelitian disitus ini dilakukan sekitar tahun 1980-1983. selain temuan arca, disitus ini juga pernah diketemukan sebuah peripih dengan 17 buah lubang yang melambangkan wastupurusamandala yaitu diagram yang berfungsi sebagai rancangaan metafisika dan tata letak bangunan. Peripih tersebut terdiri atas lempengen emas dan perak. arca siwa yang pernah diketemukan disitus payak ini kini disimpan di musium kantor BP3 jogjakarta. arca tersebut terbuat dari bahan batu putih.


Struktur bangunan situs payak batu putih berukuran 312 x 124 cm yang dilengkapi dinding berdenah U dan saluran-saluran air berukuran 25 x 25 cm yang berada di dinding kolam sisi barat daya. Pada dasar kolam terdapat lubang pembuangan air.

situs ini berada pada kedalaman 5-8meter di bawah tanah, kemungkinan situs ini dahulu pernah tertimbut material merapi. situs payak ini sendiri diperkirakan dibangun pada abad ke 9 dan untuk menuju situs ini perluterlebih dahulu mencari juru kunci dari situs tersebut sebab hampir setiap hari situs ini selalu tergembok. yang lokasi rumah juru kunci situs payak ini hanya bersebelahan dengan situs payak tersebut.
Posting Komentar

Entri Populer